Manajemen Proyek Perangkat Lunak - A
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia
Anggota
5113100113 - Muhamad Luthfie La Roeha
5113100171 - Nugroho Wicaksono
5113100192 - Qonita Luthfia S
5113100171 - Nugroho Wicaksono
5113100192 - Qonita Luthfia S
Untuk versi dokumen dapat dilihat pada link berikut :
https://docs.google.com/document/d/1kxfRWh_t2hyKFiNOA-hJ_LAcxLncvLozti09P7zD_fE/editAnalisis Jabatan
- Deskripsi Jabatan
Isi Jabatan :
- Identifikasi Jabatan
Kode
|
Nama Jabatan
|
Fungsi
|
Tugas
|
Wewenang
|
001
|
Project Manager
|
Memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
|
|
|
002
|
System Analyst
|
Mengidentifikasi dan menganalisis masalah dan kebutuhan yang ada pada lingkup yang mempengaruhi sistem informasi yang akan dibangun, serta mengkomunikasikannya kepada stakeholder dan developer
|
|
|
003
|
Front-End Developer
|
Melakukan implementasi khusunya bagian user interface dari sistem informasi keuangan
|
Melakukan desain interface/ antarmuka aplikasi
|
Implementasi sistem informasi keuangan
|
004
|
Back-End Developer
|
Melakukan implementasi fungsi dan kinerja fitur dari sistem informasi keuangan
|
Melakukan analisa terhadap rancangan aplikasi
|
Implementasi sistem informasi
keuangan
|
005
|
Quality Assurance
|
Menguji kualitas dari sistem informasi keuangan
|
|
Melakukan uji coba terhadap sistem informasi yang telah dibuat
|
006
|
Trainers
|
Memberikan sosialisasi cara kerja sistem kepada stakeholder
|
|
Trainer melakukan sosialisasi sistem ini kepada stakeholder agar sistem dapat dioperasikan dengan baik dan benar oleh para stakeholder
|
- Sifat Jabatan
Kode
|
Nama Jabatan
|
Sifat Jabatan
|
001
|
Project Manager
|
|
002
|
System Analyst
|
|
003
|
Front-End Developer
|
|
004
|
Back-End Developer
|
|
005
|
Quality Assurance
|
|
006
|
Trainers
|
|
- Tentang Kualifikasi
- Kualifikasi Umum
- Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Kemananan Informasi pihak SMKN 1 Cibinong.
- Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan
- Pembangunan Aplikasi berbasis WEB dengan skala besar.
- Pernah mempunyai pengalaman sebelumnya dalam membuat proyek aplikasi berbasis web.
- Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
- Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
- Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
- Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang /jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
- Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis IT, staff keuangan dan Tim Guru SMKN 1 Cibinong
- Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan perpustakaan SMKN 1 Cibinong
- Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
- Kualifikasi Khusus
Kode
|
Nama Jabatan
|
Kualifikasi
|
001
|
Project Manager
|
Minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun
|
002
|
System Analyst
|
Minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan database sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
|
003
|
Front-End Developer
|
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan Javascript, CSS dan Front-End Frameworks
|
004
|
Back-End Developer
|
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan PHP, MySQL dan Back-End Frameworks
|
005
|
Quality Assurance
|
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun mengenai Unit Tests
|
006
|
Trainers
|
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi Trainers/Public Speaker bidang Teknologi Informasi
|
- Persyaratan Jabatan
Kode
|
Nama Jabatan
|
Syarat
|
001
|
Project Manager
|
|
002
|
System Analyst
|
|
003
|
Front-End Developer
|
|
004
|
Back-End Developer
|
|
005
|
Quality Assurance
|
|
006
|
Trainers
|
|
Organizational Breakdown Structure
Work Breakdown Structure
Nomor
|
Daftar Aktifitas yang harus dilakukan
|
Sistem Informasi Keuangan Sekolah
| |
1
|
Elitasi Kebutuhan
|
1.1
|
Mendapatkan data dan informasi mengenai proyek
|
1.2
|
Mendapatkan kebutuhan utama stakeholder dengan wawancara
|
1.3
|
Mendapatkan data struktur organisasi Pengurus SMKN 1 Cibinong
|
1.4
|
Mendapatkan data para bendahara SMKN 1 Cibinong
|
1.5
|
Mendapatkan data para staf keuangan SMKN 1 Cibinong
|
1.6
|
Mendapatkan data para pejabat tinggi SMKN 1 Cibinong
|
1.7
|
Menggali informasi terkait proses bisnis yang terjadi dengan wawancara dengan wawancara
|
1.8
|
Menentukan batasan proyek
|
1.9
|
Menentukan estimasi kebutuhan dana awal
|
1.10
|
Menghasilkan dokumentasi pertemuan
|
1.11
|
Menghasilkan dokumentasi kebutuhan proyek
|
2
|
Analisis Kebutuhan Sistem
|
2.1
|
Menganalisis kebutuhan pengguna
|
2.2
|
Membuat dokumen kebutuhan
|
2.3
|
Konfirmasi kebutuhan yang telah dibuat kepada stakeholder
|
2.4
|
Merevisi dokumen kebutuhan sesuai hasil review bersama stakeholder
|
3
|
Desain Prototype (Interface) Sistem
|
3.1
|
Membuat template sistem informasi keuangan
|
3.2
|
Membuat design halaman Administrator
|
3.3
|
Membuat design halaman Kepala Sekolah
|
3.4
|
Membuat design halaman Bendahara
|
3.5
|
Membuat design halaman Proses Bisnis (Transaksi dan Kuitansi)
|
4
|
Presentasi prototype kepada stakeholder
|
4.1
|
Presentasi prototype sistem informasi kepada stakeholder
|
4.2
|
Analisisfeedbackdari hasil presentasi
|
4.3
|
Membuat dokumen perubahan
|
5
|
Konfirmasi final prototype
|
5.1
|
Konfirmasi kepada stakeholder mengenai prototype final aplikasi
|
6
|
Pembuatan Sistem
|
6.1
|
Menentukan tools dan framework yang digunakan untuk pengembangan sistem
|
6.2
|
Implementasi fitur pada halaman Administrator
|
6.3
|
Implementasi fitur pada halaman Kepala Sekolah
|
6.4
|
Implementasi fitur pada halaman Bendahara
|
6.5
|
Implementasi fitur pada halaman Proses Bisnis (Transaksi dan Kwitansi)
|
6.6
|
Implementasi menyesuaikan dengan dokumen perubahan yang dihasilkan dari hasil presentasi prototype ke stakeholder
|
7
|
Roll Out (Deployment Sistem Informasi)
|
7.1
|
Analisis kebutuhan teknologi yang akan dipakai
|
7.2
|
Pembelian hardware berdasarkan hasil analisis
|
7.3
|
Instalasi software yang dibutuhkan untuk sistem informasi
|
7.4
|
Deploy Sistem Informasi Keuangan
|
8
|
Presentasi sistem informasi akhir/ Testing dan Debugging
|
8.1
|
Membuat skenario pengujian
|
8.2
|
Persiapan aplikasi jadi untuk disesuaikan dengan skenario pengujian
|
8.3
|
Melakukan testing berdasarkan skenario
|
8.4
|
Melakukan perbaikan jika terdapat gangguan
|
9
|
Support
|
9.1
|
Membuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final
|
9.2
|
Membuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final
|
9.3
|
Pelatihan/sosialisasi tentang penggunaan sistem kepada stakeholder
|
RAM Internal sebagai Matrik Penugasan dan Pertanggungjawaban
R : Responsible Organizational Unit
P : Performing Organizational Unit
Project Manager
|
System Analyst
|
Front-End Developer
|
Back-End Developer
|
Quality Assurance
|
Trainers
| |
1.1
|
R
|
RP
| ||||
1.2
|
R
|
RP
| ||||
1.3
|
R
|
RP
| ||||
1.4
|
R
|
RP
| ||||
1.5
|
R
|
RP
| ||||
1.6
|
R
|
RP
| ||||
1.7
|
R
|
RP
| ||||
1.8
|
R
|
RP
| ||||
1.9
|
R
|
RP
| ||||
1.10
|
R
|
RP
| ||||
2.1
|
R
|
RP
| ||||
2.2
|
R
|
RP
| ||||
2.3
|
R
|
RP
| ||||
2.4
|
R
|
RP
| ||||
3.1
|
R
|
RP
| ||||
3.2
|
R
|
RP
| ||||
3.3
|
R
|
RP
| ||||
3.4
|
R
|
RP
| ||||
4.1
|
R
|
P
|
R
| |||
4.2
|
R
|
P
|
R
| |||
4.3
|
R
|
P
|
R
| |||
5.1
|
R
|
P
|
R
| |||
6.1
|
R
|
RP
|
RP
| |||
6.2
|
R
|
RP
|
RP
| |||
6.3
|
R
|
RP
|
RP
| |||
6.4
|
R
|
RP
|
RP
| |||
6.5
|
R
|
RP
|
RP
| |||
6.6
|
R
|
RP
|
RP
| |||
7.1
|
R
|
RP
| ||||
7.2
|
R
|
RP
| ||||
7.3
|
R
|
RP
| ||||
7.4
|
R
|
RP
| ||||
8.1
|
R
|
P
|
P
|
R
| ||
8.2
|
R
|
P
|
P
|
R
| ||
8.3
|
R
|
P
|
P
|
R
| ||
8.4
|
R
|
P
|
P
|
R
| ||
9.1
|
R
|
RP
| ||||
9.2
|
R
|
RP
| ||||
9.3
|
R
|
P
|
RAM External untuk Menggambarkan Peran Stakeholder dalam Proyek
Stakeholder
| ||||
Item
|
Kepala Sekolah
|
Bendahara
|
Staf TU
|
Staf IT
|
1.1
|
API
|
API
| ||
1.2
|
API
|
PI
|
A
| |
1.3
|
A
|
PI
|
A
| |
1.4
|
A
|
PI
|
A
| |
1.5
|
A
|
PI
|
A
| |
1.6
|
A
|
PI
|
A
| |
1.7
|
AP
|
PI
|
A
| |
1.8
|
AS
|
AP
| ||
1.9
|
AS
|
AP
| ||
1.10
|
AS
|
A
| ||
1.11
|
AS
|
A
| ||
2.1
|
A
|
AP
| ||
2.2
|
A
|
A
| ||
2.3
|
APR
|
PR
|
APR
| |
2.4
|
AS
|
A
| ||
3.1
|
A
|
A
| ||
3.2
|
A
|
A
| ||
3.3
|
A
|
A
| ||
3.4
|
A
|
A
| ||
3.5
|
A
|
A
| ||
4.1
|
APR
|
PR
|
APR
| |
4.2
|
A
|
A
| ||
4.3
|
A
|
A
| ||
5.1
|
APRS
|
PR
|
APR
| |
6.1
|
A
|
APR
| ||
6.2
|
A
|
A
| ||
6.3
|
A
|
A
| ||
6.4
|
A
|
A
| ||
6.5
|
A
|
A
| ||
6.6
|
A
|
A
| ||
7.1
|
A
|
APR
| ||
7.2
|
AS
|
AS
|
AP
| |
7.3
|
A
|
A
| ||
7.4
|
A
|
A
| ||
8.1
|
A
|
A
| ||
8.2
|
A
|
A
| ||
8.3
|
APR
|
PR
|
APR
| |
8.4
|
A
|
A
| ||
9.1
|
AS
|
A
| ||
9.2
|
AS
|
A
| ||
9.3
|
AS
|
A
|
A = Accountable
P = Participant
R = Review Required
I = Input Required
S = Sign-off Required
0 komentar: