Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Proyek Perangkat Lunak - A
Manajemen Sumber Daya Manusia

Anggota

5113100113 - Muhamad Luthfie La Roeha
5113100171 - Nugroho Wicaksono
5113100192 - Qonita Luthfia S

Untuk versi dokumen dapat dilihat pada link berikut :
https://docs.google.com/document/d/1kxfRWh_t2hyKFiNOA-hJ_LAcxLncvLozti09P7zD_fE/edit

Analisis Jabatan

  1. Deskripsi Jabatan
Isi Jabatan :
  1. Identifikasi Jabatan


Kode
Nama Jabatan
Fungsi
Tugas
Wewenang
001
Project Manager
Memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
  • Melakukan interview terhadap stakeholder proyek
  • Melakukan pembagian tugas
  • Mengontrol tim proyek
  • Bertanggungjawab atas berjalannya proyek
  • Mengatur keuangan/ finansial
  • Melakukan wawancara kepada stakeholder guna mengetahui kebutuhan yang harus ada pada aplikasi yang akan dikembangkan (elisitasi kebutuhan)
  • Memberikan informasi mengenai scope dan vision yang diperoleh dari stakeholder kepada developer
002
System Analyst
Mengidentifikasi dan menganalisis masalah dan kebutuhan yang ada pada lingkup yang mempengaruhi sistem informasi yang akan dibangun, serta mengkomunikasikannya kepada stakeholder dan developer
  • Menganalisis proses bisnis sistem
  • Merancang sistem
  • Melakukan wawancara kepada stakeholder guna mengetahui kebutuhan yang harus ada pada aplikasi yang akan dikembangkan (elisitasi kebutuhan)
  • Mendiskusikan dan membuat kebutuhan fungsional serta non fungsional untuk fitur-fitur yang dibutuhkan pada aplikasi dengan stakeholder
  • Mendiskusikan asumsi, kebutuhan, dan ruang lingkup proyek bersama stakeholder
003
Front-End Developer
Melakukan implementasi khusunya bagian user interface dari sistem informasi keuangan
Melakukan desain interface/ antarmuka aplikasi
Implementasi sistem informasi keuangan
004
Back-End Developer
Melakukan implementasi fungsi dan kinerja fitur dari sistem informasi keuangan
Melakukan analisa terhadap rancangan aplikasi
Implementasi sistem informasi
keuangan
005
Quality Assurance
Menguji kualitas dari sistem informasi keuangan
  • Membuat dokumentasi pengerjaan proyek
  • Membuat dokumentasi pengembangan website
Melakukan uji coba terhadap sistem informasi yang telah dibuat
006
Trainers
Memberikan sosialisasi cara kerja sistem kepada stakeholder
  • Melakukan pengujian terhadap fitur-fitur aplikasi yang telah dibuat
  • Memberikan feedback
Trainer melakukan sosialisasi sistem ini kepada stakeholder agar sistem dapat dioperasikan dengan baik dan benar oleh para stakeholder


  1. Sifat Jabatan


Kode
Nama Jabatan
Sifat Jabatan
001
Project Manager
  • Sifat kepemimpinan yang baik
  • Open-minded
  • Memiliki kemampuan mengendalikan kondisi
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
  • Sikap kekeluargaan dan profesional
002
System Analyst
  • Pandai berkomunikasi dengan baik
  • Open-minded
  • Peka terhadap lingkungan
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
  • Sikap kekeluargaan dan profesional
003
Front-End Developer
  • Kreatif
  • Open-minded
  • Mudah beradaptasi dengan tools baru
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
004
Back-End Developer
  • Bekerja dengan sistematis
  • Open-minded
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
005
Quality Assurance
  • Teliti
  • Kritis
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
  • Sikap kekeluargaan dan profesional
006
Trainers
  • Pandai berkomunikasi dengan baik
  • Pantang menyerah
  • Pekerja keras
  • Sikap kekeluargaan dan profesional


  1. Tentang Kualifikasi
  1. Kualifikasi Umum
  1. Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Kemananan Informasi pihak SMKN 1 Cibinong.
  2. Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan
  3. Pembangunan Aplikasi berbasis WEB dengan skala besar.
  4. Pernah mempunyai pengalaman sebelumnya dalam membuat proyek aplikasi berbasis web.
  5. Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
  6. Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
  7. Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
  8. Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang /jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
  9. Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis IT, staff keuangan dan Tim Guru SMKN 1 Cibinong
  10. Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan perpustakaan SMKN 1 Cibinong
  11. Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
  1. Kualifikasi Khusus
Kode
Nama Jabatan
Kualifikasi
001
Project Manager
Minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun
002
System Analyst
Minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan database sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun
003
Front-End Developer
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan Javascript, CSS dan Front-End Frameworks
004
Back-End Developer
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan PHP, MySQL dan Back-End Frameworks
005
Quality Assurance
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun mengenai Unit Tests
006
Trainers
Minimal Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi Trainers/Public Speaker bidang Teknologi Informasi


  1. Persyaratan Jabatan
Kode
Nama Jabatan
Syarat
001
Project Manager
  • Kemampuan manajerial yang baik
  • Bertanggung jawab
  • Mampu memberi keputusan cepat
  • Sigap dalam segala kondisi
002
System Analyst
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mampu memahami kebutuhan proyek
  • Mampu merancang sistem informasi
  • Kemampuan manajerial yang baik
  • Mobilitas tinggi
003
Front-End Developer
  • Cepat dalam mempelajari hal baru
  • Kreatif
  • Mampu bekerja dalam tekanan
  • Mampu bekerja dengan cepat
  • Tidak keberatan untuk bekerja lembur (jika diperlukan)
004
Back-End Developer
  • Cepat dalam mempelajari hal baru
  • Memiliki algoritma yang kuat
  • Mampu menganalisis database yang baik
  • Mampu bekerja dalam tekanan
  • Mampu bekerja dengan cepat
  • Tidak keberatan untuk bekerja lembur (jika diperlukan)
005
Quality Assurance
  • Mampu menganalisis dengan baik
  • Cepat dalam mempelajari hal baru
  • Mampu bekerja dengan cepat
006
Trainers
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Cepat dalam mempelajari hal baru
  • Memiliki kendaraan sendiri


Organizational Breakdown Structure

OBS.jpg

Work Breakdown Structure



Nomor
Daftar Aktifitas yang harus dilakukan
Sistem Informasi Keuangan Sekolah
1
Elitasi Kebutuhan
1.1
Mendapatkan data dan informasi mengenai proyek
1.2
Mendapatkan kebutuhan utama stakeholder dengan wawancara
1.3
Mendapatkan data struktur organisasi Pengurus SMKN 1 Cibinong
1.4
Mendapatkan data para bendahara SMKN 1 Cibinong
1.5
Mendapatkan data para staf keuangan SMKN 1 Cibinong
1.6
Mendapatkan data para pejabat tinggi SMKN 1 Cibinong
1.7
Menggali informasi terkait proses bisnis yang terjadi dengan wawancara dengan wawancara
1.8
Menentukan batasan proyek
1.9
Menentukan estimasi kebutuhan dana awal
1.10
Menghasilkan dokumentasi pertemuan
1.11
Menghasilkan dokumentasi kebutuhan proyek
2
Analisis Kebutuhan Sistem
2.1
Menganalisis kebutuhan pengguna
2.2
Membuat dokumen kebutuhan
2.3
Konfirmasi kebutuhan yang telah dibuat kepada stakeholder
2.4
Merevisi dokumen kebutuhan sesuai hasil review bersama stakeholder
3
Desain Prototype (Interface) Sistem
3.1
Membuat template sistem informasi keuangan
3.2
Membuat design halaman Administrator
3.3
Membuat design halaman Kepala Sekolah
3.4
Membuat design halaman Bendahara
3.5
Membuat design halaman Proses Bisnis (Transaksi dan Kuitansi)
4
Presentasi prototype kepada stakeholder
4.1
Presentasi prototype sistem informasi kepada stakeholder
4.2
Analisisfeedbackdari hasil presentasi
4.3
Membuat dokumen perubahan
5
Konfirmasi final prototype
5.1
Konfirmasi kepada stakeholder mengenai prototype final aplikasi
6
Pembuatan Sistem
6.1
Menentukan tools dan framework yang digunakan untuk pengembangan sistem
6.2
Implementasi fitur pada halaman Administrator
6.3
Implementasi fitur pada halaman Kepala Sekolah
6.4
Implementasi fitur pada halaman Bendahara
6.5
Implementasi fitur pada halaman Proses Bisnis (Transaksi dan Kwitansi)
6.6
Implementasi menyesuaikan dengan dokumen perubahan yang dihasilkan dari hasil presentasi prototype ke stakeholder
7
Roll Out (Deployment Sistem Informasi)
7.1
Analisis kebutuhan teknologi yang akan dipakai
7.2
Pembelian hardware berdasarkan hasil analisis
7.3
Instalasi software yang dibutuhkan untuk sistem informasi
7.4
Deploy Sistem Informasi Keuangan
8
Presentasi sistem informasi akhir/ Testing dan Debugging
8.1
Membuat skenario pengujian
8.2
Persiapan aplikasi jadi untuk disesuaikan dengan skenario pengujian
8.3
Melakukan testing berdasarkan skenario
8.4
Melakukan perbaikan jika terdapat gangguan
9
Support
9.1
Membuat dokumen SOP (System Operating Procedure) Sistem Informasi yang sudah final
9.2
Membuat dokumen SMP (System Maintenance Procedure) Sistem Informasi yang sudah final
9.3
Pelatihan/sosialisasi tentang penggunaan sistem kepada stakeholder


RAM Internal sebagai Matrik Penugasan dan Pertanggungjawaban

R : Responsible Organizational Unit
P : Performing Organizational Unit



Project Manager
System Analyst
Front-End Developer
Back-End Developer
Quality Assurance
Trainers
1.1
R
RP




1.2
R
RP




1.3
R
RP




1.4
R
RP




1.5
R
RP




1.6
R
RP




1.7
R
RP




1.8
R
RP




1.9
R
RP




1.10
R
RP




2.1
R
RP




2.2
R
RP




2.3
R
RP




2.4
R
RP




3.1
R

RP



3.2
R

RP



3.3
R

RP



3.4
R

RP



4.1
R

P

R

4.2
R

P

R

4.3
R

P

R

5.1
R

P

R

6.1
R

RP
RP


6.2
R

RP
RP


6.3
R

RP
RP


6.4
R

RP
RP


6.5
R

RP
RP


6.6
R

RP
RP


7.1
R


RP


7.2
R


RP


7.3
R


RP


7.4
R


RP


8.1
R

P
P
R

8.2
R

P
P
R

8.3
R

P
P
R

8.4
R

P
P
R

9.1
R
RP




9.2
R
RP




9.3
R




P

RAM External untuk Menggambarkan Peran Stakeholder dalam Proyek




Stakeholder
Item
Kepala Sekolah
Bendahara
Staf TU
Staf IT
1.1
API


API
1.2
API
PI

A
1.3
A

PI
A
1.4
A
PI

A
1.5
A

PI
A
1.6
A

PI
A
1.7
AP
PI

A
1.8
AS


AP
1.9
AS


AP
1.10
AS


A
1.11
AS


A
2.1
A


AP
2.2
A


A
2.3
APR
PR

APR
2.4
AS


A
3.1
A


A
3.2
A


A
3.3
A


A
3.4
A


A
3.5
A


A
4.1
APR
PR

APR
4.2
A


A
4.3
A


A
5.1
APRS
PR

APR
6.1
A


APR
6.2
A


A
6.3
A


A
6.4
A


A
6.5
A


A
6.6
A


A
7.1
A


APR
7.2
AS
AS

AP
7.3
A


A
7.4
A


A
8.1
A


A
8.2
A


A
8.3
APR
PR

APR
8.4
A


A
9.1
AS


A
9.2
AS


A
9.3
AS


A
A = Accountable
P = Participant
R = Review Required
I = Input Required
S = Sign-off Required


0 komentar: