Evaluasi Tengah Semester
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Sistem Informasi Pelanggan Auto 2000
Oleh :
MPPL Kelas A
5113100171 Nugroho Wicaksono
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
2016
Auto 2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil Auto 2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual.
Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroomnya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto 2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya.
Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan pada customer care nt di perusahaan.
Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan.
Beberapa kendala yang dihadapi :
Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroomnya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto 2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya.
Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan pada customer care nt di perusahaan.
Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care untuk mengelola data informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan.
Beberapa kendala yang dihadapi :
- Perusahaan kurang mengenal pelanggan secara mendetail mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan pada perusahaan.
- Perusahaan tidak mengetahui potensial pelanggan yang akan melakukan servis bulanan.
- Perusahaan membutuhkan informasi no hp pelanggan untuk memberitahu pelanggan saat mobilnya sudah waktunya melakukan servis bulanan.
- Perusahaan membutuhkan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis.
Pertanyaan :
- Berdasarkan deskripsi di atas tuliskan modul-modul yang akan digunakan dalam Sisten Informasi Pelanggan.
- Buatlah gambaran sistem jika perlu lengkapi dengan screenshot dari aplikasi yang akan dibangun.
- Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
- Jika tersedia dana 150 juta buat KAK, atau TOR dari proyek yang ditawarkan.
- Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim. Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?
JAWABAN
UTS MPPL Kelas A
NRP : 5113100171
Nama : Nugroho Wicaksono
Dosen : Fajar Baskoro
Studi kasus : Sistem Informasi Pelanggan Auto 2000
- Pengembangan modul-modul utama pada aplikasi sistem informasi pelanggan adalah sebagai berikut :
- Modul mendaftar yang merupakan suatu modul untuk menangani pendaftaran pelanggan baru
- Modul masuk yang merupakan suatu modul untuk log in atau masuk ke dalam sistem sebagai pelanggan atau admin
- Modul mengirim informasi yang merupakan suatu modul untuk admin menyampaikan informasi kepada pelanggan
- Modul melihat informasi yang merupakan suatu modul untuk pelanggan melihat informasi terkini
- Modul antri yang merupakan suatu modul untuk meminta antrian servis mobil
- Modul melihat antrian yang merupakan suatu modul untuk melihat antrian servis mobil hari ini
- Pantau yang merupakan suatu modul khusus untuk admin yang berfungsi untuk memantau kerja aplikasi serta kegiatan para penggunanya demi menjaga kenyamanan
- Gambaran sistem
- Ruang Lingkup
- Fungsi
- Mengelola dan menyimpan data pelanggan
- Mengirim informasi ke pelanggan dengan sms gateaway
- Mengirim permintaan antrian servis mobil oleh pelanggan dengan sms gateaway
- Kinerja
- Dapat diakses setiap saat
- Terintegrasi dengan sms
- Batasan
- Pengiriman permintaan antrian servis mobil hanya pada jam kerja dan pada hari ini juga
- Hanya untuk mobil bermerk Toyota
- Sistem berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql
- Keandalan
- Informasi antrian servis dipaparkan dengan real time
- KAK dengan dana Rp 150.000.000
No
|
Perihal
|
Penjelasan
|
1
|
Latar Belakang
|
Dengan perkembangan internet yang pesat pada era ini, kita semakin dimudahkan untuk mendapatkan informasi. Hal itu membuat Sistem informasi menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya sistem informasi ini, masyarakat dapat mengetahui apa yang dilakukan perusahaan tersebut dengan cepat dan tepat. Pada perusahaan servis mobil, informasi mengenai waktu buka, waktu tutup, dan antrian merupakan hal yang sangat penting. Sistem informasilah yang akan menampilkan informasi mengenai hal tersebut.
|
2
|
Maksud dan Tujuan
|
|
3
|
Sasaran
|
Tersedianya aplikasi sistem informasi pelanggan berbasis web ini sehingga dapat mendukung pengirformasian dan pelayanan servis mobil ini
|
4
|
Nama dan Organisasi Penyedia Jasa
|
Auto 2000
|
5
|
Sumber Pendanaan
|
Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah)
|
6
|
Lingkup, Lokasi, Fasilitasi dan Alih Pengetahuan
|
Perusahaan Auto 2000 berada
|
7
|
Metodologi
|
Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan Sistem Informasi Pelanggan adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi yang pelayanan servis pada perusahaan Auto 2000 serta melakukan proses Better/Best Practice untuk mendapatkan hasil pendekatan yang sesuai.
|
8
|
Jangka Waktu Pelaksanaan
|
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah kurang lebih selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
|
9
|
Kualifikasi
|
Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa adalah :
|
10
|
Tenaga Ahli
|
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
|
11
|
Keluaran
|
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksaan pekerjaan ini adalah
Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi. |
12
|
Laporan
|
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah :
|
- Cara membangun tim yang dapat menyelesaikan proyek, yakni mengisi tim dengan komponen penting sebagai berikut :
- Project Manager
Project Manager disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai Project Manager, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
- System Analyst
System Analyst yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan database sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- System Engineer
System Engineer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai perancangan infrastruktur sistem berskala besar, meliputi pemasangan hardware, konfigurasi jaringan hingga instalasi aplikasi yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- Front-End Developer
Front-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan Javascript, CSS dan Front-End Frameworks.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- Back -End Developer
Back-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan PHP, MySQL dan Back-End Frameworks.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
- Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun mengenai Unit Tests.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
- Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi Trainers/Public Speaker bidang Teknologi Informasi.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang
Dalam versi google docs :
https://goo.gl/k8ATrS
0 komentar: