Evaluasi Tengah Semester MMPL A 5113100171 Nugroho Wicaksono

Evaluasi Tengah Semester
Manajemen Proyek Perangkat Lunak


Sistem Informasi Pelanggan Auto 2000

Oleh :
MPPL Kelas A
5113100171 Nugroho Wicaksono


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
2016


DESKRIPSI STUDI KASUS
Auto 2000 adalah sebuah perusahaan penjualan mobil-mobil merk Toyota. Selain menjual mobil Auto 2000 juga melayani servis dan perbaikan kendaraan purna jual.

Manajemen menghendaki para pelanggan yang sudah membeli mobil di showroomnya kelak juga menjadi pelanggan bengkel untuk servis dan perawatan kendaraannya. Auto 2000 menginginkan kegiatan perawatan kendaraan para pelanggannya terus dilakukan secara kontinyu di bengkel-bengkel tempat pelanggan membeli kendaraannya.

Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat mengelola hubungan antara perusahaan dengan pelanggan agar dapat dimanfaatkan pada customer care nt di perusahaan.

Pada saat ini, kegiatan yang dilakukan pada customer care  untuk mengelola data  informasi kepada pelanggan dirasakan kurang efektif oleh perusahaan.

Beberapa kendala yang dihadapi :


  1. Perusahaan kurang mengenal pelanggan secara mendetail mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan pada perusahaan.
  2. Perusahaan tidak mengetahui potensial pelanggan yang akan melakukan servis bulanan.
  3. Perusahaan membutuhkan informasi no hp pelanggan untuk memberitahu pelanggan saat  mobilnya sudah waktunya melakukan servis bulanan.
  4. Perusahaan membutuhkan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan  juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis.
Pertanyaan :
  1. Berdasarkan deskripsi di atas tuliskan modul-modul yang akan digunakan dalam Sisten Informasi Pelanggan.
  2. Buatlah gambaran sistem jika perlu lengkapi dengan screenshot dari aplikasi yang akan dibangun.
  3. Tentukan ruang lingkup dari proyek yang akan dikerjakan.
  4. Jika tersedia dana 150 juta buat KAK, atau TOR dari proyek yang ditawarkan.
  5. Untuk mengerjakan proyek di atas dibutuhkan tim. Bagaimana membangun tim yang mampu untuk menyelesaikan proyek?


JAWABAN

UTS MPPL Kelas A
NRP : 5113100171
Nama : Nugroho Wicaksono
Dosen : Fajar Baskoro
Studi kasus : Sistem Informasi Pelanggan Auto 2000


  1. Pengembangan modul-modul utama pada aplikasi sistem informasi pelanggan adalah sebagai berikut :
    1. Modul mendaftar yang merupakan suatu modul untuk menangani pendaftaran pelanggan baru
    2. Modul masuk yang merupakan suatu modul untuk log in atau masuk ke dalam sistem sebagai pelanggan atau admin
    3. Modul mengirim informasi yang merupakan suatu modul untuk admin menyampaikan informasi kepada pelanggan
    4. Modul melihat informasi yang merupakan suatu modul untuk pelanggan melihat informasi terkini
    5. Modul antri yang merupakan suatu modul untuk meminta antrian servis mobil
    6. Modul melihat antrian yang merupakan suatu modul untuk melihat antrian servis mobil hari ini
    7. Pantau yang merupakan suatu modul khusus untuk admin yang berfungsi untuk memantau kerja aplikasi serta kegiatan para penggunanya demi menjaga kenyamanan


  1. Gambaran sistem 


  1. Ruang Lingkup
    1. Fungsi
      1. Mengelola dan menyimpan data pelanggan
      2. Mengirim informasi ke pelanggan dengan sms gateaway
      3. Mengirim permintaan antrian servis mobil oleh pelanggan dengan sms gateaway
    2. Kinerja
      1. Dapat diakses setiap saat
      2. Terintegrasi dengan sms
    3. Batasan
      1. Pengiriman permintaan antrian servis mobil hanya pada jam kerja dan pada hari ini juga
      2. Hanya untuk mobil bermerk Toyota
      3. Sistem berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql
    4. Keandalan
      1. Informasi antrian servis dipaparkan dengan real time

  1. KAK dengan dana Rp 150.000.000
No
Perihal
Penjelasan
1
Latar Belakang
Dengan perkembangan internet yang pesat pada era ini, kita semakin dimudahkan untuk mendapatkan informasi. Hal itu membuat Sistem informasi menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan. Dengan adanya sistem informasi ini, masyarakat dapat mengetahui apa yang dilakukan perusahaan tersebut dengan cepat dan tepat. Pada perusahaan servis mobil, informasi mengenai waktu buka, waktu tutup, dan antrian merupakan hal yang sangat penting. Sistem informasilah yang akan menampilkan informasi mengenai hal tersebut.
2
Maksud dan Tujuan
  • Memudahkan pengiriman informasi kepada pelanggan
  • Memudahkan pelanggan dalam mengantri servis mobil dan mengetahui apakah mobil sudah selesai diservis atau tidak
  • Menyediakan push notification melalui SMS apabila ada notifikasi masuk
3
Sasaran
Tersedianya aplikasi sistem informasi pelanggan berbasis web ini sehingga dapat mendukung pengirformasian dan pelayanan servis mobil ini
4
Nama dan Organisasi Penyedia Jasa
Auto 2000
5
Sumber Pendanaan  
Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah)
6
Lingkup, Lokasi, Fasilitasi dan Alih   Pengetahuan
  1. Lingkup kegiatan
    1. Pengembangan modul-modul utama pada aplikasi Sistem Informasi Pelanggan adalah sebagai berikut:
      1. Modul mendaftar yang merupakan suatu modul untuk menangani pendaftaran pelanggan baru
      2. Modul masuk yang merupakan suatu modul untuk log in atau masuk ke dalam sistem sebagai pelanggan atau admin
      3. Modul mengirim informasi yang merupakan suatu modul untuk admin menyampaikan informasi kepada pelanggan
      4. Modul melihat informasi yang merupakan suatu modul untuk pelanggan melihat informasi terkini
      5. Modul antri yang merupakan suatu modul untuk meminta antrian servis mobil
      6. Modul melihat antrian yang merupakan suatu modul untuk melihat antrian servis mobil hari ini
      7. Pantau yang merupakan suatu modul khusus untuk admin yang berfungsi untuk memantau kerja aplikasi serta kegiatan para penggunanya demi menjaga kenyamanan
    2. Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk web sistem informasi kependudukan dan keluarga yang dibangun meliputi:
      1. User Requirement
      2. User Interface
      3. Migrasi data
      4. Testing (Case Test, Unit Test, Integration Test, Acceptance Test)
      5. Database Dictionary
      6. Database Security
      7. Security Level
      8. Form Input/OutputSource Code yang dapat dipahami dengan mudah oleh pengguna jasa
      9. User Manual
    3. Pengadaan Server (hardware) serta instalasi aplikasi ke dalam server
    4. Jumlah informasi pelanggan yang dapat ditampung adalah 1000 pelanggan
  2. Lokasi Kegiatan
Perusahaan Auto 2000 berada
  1. Data dan Fasilitas Penunjang
    1. Data yang perlu disediakan oleh pengguna jasa diantaranya :
      1. Data permohonan Sistem Informasi Pelanggan dalam bentuk kertas dan elektronik
      2. Formulir yang terkait dengan administrasi permohonan Sistem Informasi Pelanggan
      3. Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan yang telah dipakai sebelumnya (jika ada)
    2. Akomodasi dan ruangan kantor yang terdapat fasilitas internet untuk menaruh server.
    3. 1 orang admin yang bertugas untuk memantau kegiatan penggunaan web Sistem Informasi Pelanggan
  2. Alih Pengetahuan
    • Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada stakeholder perusahaan Auto 2000.
7
Metodologi
Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan Sistem Informasi Pelanggan adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi yang pelayanan servis pada perusahaan Auto 2000 serta melakukan proses Better/Best Practice untuk mendapatkan hasil pendekatan yang sesuai.
8
Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah kurang lebih selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
9
Kualifikasi
Kualifikasi yang harus dipenuhi oleh penyedia jasa adalah :

  1. Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Kemananan Informasi pihak BKKBN.
  2. Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi berbasis WEB dengan skala besar.
  3. Pernah mempunyai pengalaman sebelumnya dalam membuat proyek aplikasi berbasi web.
  4. Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Perancangan dan Pembangunan Aplikasi.
  5. Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
  6. Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
  7. Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang / jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
  8. Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis IT, staff keuangan dan pegawai dinas kependudukan BKKBN
  9. Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan kependudukan dan keluarga BKKBN
  10. Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
10
Tenaga Ahli
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :

  1. Project Manager

    • Project Manager disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai Project Manager, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
    • Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.

  2. System Analyst
    • System Analyst yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan database sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
  3. System Engineer
    • System Engineer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai perancangan infrastruktur sistem berskala besar, meliputi pemasangan hardware, konfigurasi jaringan hingga instalasi aplikasi yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi.
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang
  4. Front-End Developer
    • Front-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan Javascript, CSS dan Front-End Frameworks
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
  5. Back -End Developer
    • Back-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan PHP, MySQL dan Back-End Frameworks.
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
  6. Quality Assurance
    • Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun mengenai Unit Tests.
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
  7. Trainers
    • Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi Trainers/Public Speaker bidang Teknologi Informasi.
    • Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang
11
Keluaran
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksaan pekerjaan ini adalah
  1. Perangkat lunak Aplikasi Sistem Informasi Pelanggan yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk penginformasian pelayanan servis kepada pelanggan dan pendataan biodata pelanggan sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas.
  2. Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program.
  3. Program dengan source code.
  4. Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual
  5. Dokumetnasi SOP (System Operating Procedure) maupun SMP (System Maintenance Procedure)
  6. Instalasi aplikasi
  7. Pelatihan, pendampingan/ asistensi, garansi dan pemeliharaan

Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.
12
Laporan
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah :
  1. Laporan pendahuluan, berisi:
    1. Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh
    2. Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
    3. Jadual kegiatan penyedia jasa
  2. Laporan mingguan
    1. Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
    2. Hasil yang telah dicapai maupun kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut
    3. Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
  3. Laporan akhir
    1. Laporan pendahuluan
    2. Laporan mingguan
    3. Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan poryek pengembangan sistem ini
  1. Cara membangun tim yang dapat menyelesaikan proyek, yakni mengisi tim dengan komponen penting sebagai berikut :
    1. Project Manager
Project Manager disyaratkan seorang, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaaan pekerjaan di bidang project management pengembangan aplikasi sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai Project Manager, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.
Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.
    1. System Analyst
System Analyst yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan database sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
    1. System Engineer
System Engineer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai perancangan infrastruktur sistem berskala besar, meliputi pemasangan hardware, konfigurasi jaringan hingga instalasi aplikasi yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
    1. Front-End Developer
Front-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan Javascript, CSS dan Front-End Frameworks.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
    1. Back -End Developer
Back-End Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun mengenai pengembangan aplikasi menggunakan PHP, MySQL dan Back-End Frameworks.
Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (satu) orang.
    1. Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun mengenai Unit Tests.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
    1. Trainers
Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi B atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun menjadi Trainers/Public Speaker bidang Teknologi Informasi.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang


Dalam versi google docs :
https://goo.gl/k8ATrS

0 komentar: